Prediksi Hasil Quick Count Pilgub 2018

Prediksi Hasil Quick Count Pilgub 2018 ~ Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Gubernur 2018  rasanya tidak lengkap jika hasil perhitungan nya tidak ada quick count, apalagi di negara Indonesia. Jika ada pemilihan umum maka masyarakat mungkin akan slalu memelototi media TV maupun media portal yang kini mulai berkembang hanya ingin mengetahui hasil quick count yang di tayangkan melalui media tersebut. Banyak juga lembaga survie yang menjadi media dalam menggelar hasil perhitungan melalui quick count.


Proses pencatatan hasil perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan secara acak dan akan dikumpulkan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,nah ini biasanya disebut dengan Quick Count. Karena dengan menggunakan metode Quick Count maka partai dan pasangan calon pemimpin yang sudah terpilih, dari sini dapat diprediksi hasil perolehan suara nya hanya dengan waktu yang singkat dan membutuhkan beberapa jam setelah Tempat Pemungutan Suara di TPS tutup .

Quick Count berjalan dengan menggunakan data yang diperoleh dari sampel yang didapatkan di lapangan. Ini berbeda hal dengan teknologi polling, sampel bukanlah diperoleh dari responden yang ditanyai satu per satu, akan tetapi didapatkan dari hasil resmi rekapan pemilihan suara di lapangan. Quick Count pada faktanya merupakan alat yang diadopsi dari The National Democratic Institute (NDI) menurut anggota Dewan Perhimpunan Survei Publik Indonesia, Hamdi Muluk.

Biasanya quick count digunakan sebagai alat perbandingan hasil resmi Komisi Pemilihan Umum sehingga dapat dijadikan sebagai system untuk mengawal demokrasi. Alat ini seringkali menimbulkan kesalahan (error) sehingga beberapa lembaga mengatasinya dimulai dengan menentukan batasan error tergantung dari banyaknya sampel di TPS yang akan di ambil. Karena jika semakin banyak maka semakin kecil margin erro/Batsan kesalah nya dari hasil yang dikeluarkan oleh alat Quick Count ini.

Quick count akan mengeluarkan hasil pemilihan suara yang akurat jika data metodologi statistic yang dipakai tepat dan juga di dukung dengan penarikan sempel yang ketat. Setelah penjelasan mengenai bagaimana kerja alat Quick Count ini maka anda harus mengetahui tentang bagaimana manfaat alat quick count ini saat melakukan survei.
1. Alat Quick Count ini bermanfaat menghitung secara cepat dan disiarkan di media portal atau TV ketika ada pemilihan umum seperti Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, 1. Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 dan juga 1. Pemilihan Gubernur Barat Timur 2018, dan masih banyak pemilihan gubernur di Indonesia, maka alat ini akan sangat dibutuhkan.
2. Mempermudah masyarkatat dalam mengetahui informasi mengenai hasil perhitungan pemilihan umum secara cepat.
Selain manfaat yang harus kita ketahui ,anda juga harus tau bagaimana cara menafaatkan alat Quick Count dalam melakukan survei :
Anda harus menyiapkan perangkat sekaligus system pendukung agar dapat mempermudah memberikan data secara cepat ke pusat pengolahan data lembaga survey.
TPS yang diambil harus berdasarkan pertimbangan jumlah penduduknya, penyebaran pemilih dll. Yakni dengan menentukan TPS secara acak. Karena jika sampel yang dipakai semakin besar maka hasil akan semakin akurat.
Petugas harus mengirim data ke pusat yang sudah memenuhi rekapitulasi suara. Pastikan relawanya adalah orang yang berasal dan tinggal dari TPS itu berada. Karena relawan akan lebih mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi di TPS.
Simulasi alat quick count terlebih dahulu misal seperti mencoba mempraktekan melihat hasil sementara agar sebelum digunakan bisa dideteksi tingkat kesalahan alat.
Para relawan harus mengirim hasil rekapitulasi ke pusat data setelah pemilihan umum untuk data yang digunakan di quick count.
Setelah data dikirim oleh para relawan maka akan diolah di pusat data dengan menggunakan ilmu statistic sehingga data dapat memberikan hasil siapa pemenang dari pemilu. Hasil yang didapat hanya menerapkan statistic namun hasil tersebut biasanya tidak pernah meleset dari hasil akhir siapa pemenangnya.

Bukan hanya bagaimana cara mengetahui informasi hasil perolehan suara, namun masyarakat juga harus mengetahui bagaimana cara tentukan pilihan dalam pilgub 2018 yakni dengan cara bisa melihat hasil quick count sementara sebagai pandangan masyarakat tata caranya ada sendiri untuk tentukan pilihan sesuai dengan wilayah anda. Atau dengan cara yang sudah ditetapkan oleh KPU.

Adapun cara penggunaanya adalah jika kita ingin melihat hasil rekapitulasi data misalnya di kota Surabaya provinsi jawa timur maka anda harus memilih menu provinsi terlebih dahulu kemudia klik cari setelah itu anda akan menemukan fitur ‘hitung cepat TPS’ maka kita akan diperlihatkan hasil rekapitulasi suara.

Quick count hanya sebatas informasi buka hasil resmi

Proses pemungutan suara di pemilihan gubernur 2018 yang akan berlangsung 12 juni 2018 terdapat banyak sekali lembaga survei yang mendaftar di KPU untuk ikut dalam perhitungan cepat atau biasa deisebut quick count. Ini menandakan bahwa quick count memang sangat dibutuhkan di ajang pemilihan gubernur 2018.

Hasil yang diperoleh dari menghitung cepat atau quick count harus disikapi sebagai informasi bukan hasil resmi dari perolehan suara, ungkap Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman. Quick count bukanlah hasil resmi yang didapat dari penyelenggaraan pemilihan gubernur.

Masyarakat harus benar benar faham bahwa perhitungan yang dihasilkan oleh quick count bukanlah hasil resmi melainkan hanya sekedar informasi karena hasil resmi pemilu nanti akan ditetapkan KPU, Ujar lengkapnya.

Quick count hanyalah kegiatan ilmiyah yang dilakukan pihak survei untuk membantu lembaga lembaga survei, masing masing lembaga juga memiliki teknik atau metode tertentu dalm menghitung perolehan suara dalam pemilu, Dengan syarat metode yang digunakan harus tetap terukur. Namun akan lebih lengkap jika mendaftar juga menggunakan quick count sebagai acuan.

Masyarakat jangan memutuskan kemenangan perolehan suara hanya dari quick count saja namun harus menunggu pengumuman resminya dari KPU sebagai pihak yang berwenang merekapitulasi perolehan suara di ajang pilihan gubernur 2018. Juga masyarakat harus mulai belajar karena kita melakukan pemilihan umum (PEMILU) tidaklah sekali dua kali namun setiap ada pemilihan umum, oleh karena itu kita harus benar benar faham.

Sumarno mengatakan dan menjelaskan bahwa lembaga yang ingin melakukan perhitungan cepat atau quick count hanya perlu melengkapi sejumlah berkas, antara lain adalah akta pendirian, susunan kepengurusan lembaga, surat keterangan domisili dan kelurahan atau instansi pemerintahan di tempat, sumber dana dan daerah tempat perhitunga cepat dilakukan.

Itu adalah persyaratan yang dibutuhkan ketika ingin mendaftar quick count. Data data diatas hanya sebagai pelengkap data yang ada di quick count. Alat quick count ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui hasil perolehan suara karena setelah dilakukan survei polling melalui situs situs media social dapat diketahui bahwa banyak sekali masyarakat yang sangat peduli dengan ajang pemilihan gubernur 2018 ini. Dengan adanya quick count maka akan sangat membantu kalangan masyarakat.
Description
: Prediksi Hasil Quick Count Pilgub 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Prediksi Hasil Quick Count Pilgub 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar