Hasil Quick Count Pilgub Kaltim 2018

Pilgub Kaltim 2018 ~ Hasil Quick Count Pilgub Kaltim 2018 | Pilgub Kalimantan Timur 2018 sebentar lagi akan digelar, pesta demokrasi 5 tahunan ini menjadi momentum yang ditunggu oleh masyarakat yang sadar politik.

Informasi Pasangan Cagub Cawagub dalam Pilgub Kalimantan Timur 2018



Tahun 2018 bak ajang pesta rakyat untuk hampir seluruh rakyat di Indonesia. Pasalnya pada tahun 2018, banyak daerah yang akan mengadakan pilihan gubernur atau selanjutnya akan disingkat sebagai pilgub. Tidak hanya Pilgub Riau 2018, pilgub juga akan di provinsi Kalimantan Timur.

Pada pilgub serentak yag dilaksanakan di hampir seluruh provinsi di Indonesia, Kalimantan Timur memiliki tiga calon yang siap untuk bertarung demi memperoleh kursi nomor satu di provinsi Kalimantan Timur. Saat masa pendaftaran calon dan wakil gubernur Kalimantan Timur 2018 terdapat empat pasangan calon, namun pada awal Januari lalu Rusmadi Wongso dan Irjen Safaruddin resmi mengundurkan diri dari pencalonan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur.

Pilgub Kalimantan Timur 2018 menjadi momentum yang dinanti-nanti oleh masyarakat Kaltim untuk memilih siapakah yang pantas menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur  Kalimantan timur selanjutnya. Moment ini tentu sangat penting bagi masyarakat Kaltim dan diharapkan nantinya gubernur yang terpilih bisa mengayomi seluruh golongan lapisan masyarakat yang ada.

Saat ini sudah ada empat Cagub dan Cawagub yang telah resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan timur untuk mengikuti Pilgub Kalimantan Timur 2018. Artikel ini akan membahas tentang bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Kalimantan Timur.  Simak informasinya karena pilihan Anda akan mempengaruhi hasil quick count Pilgub Kaltim setelah pencoblosan nanti.

Profil Empat Paslon di Pilgub Kalimantan Timur 2018



Bagi masyarakat Kalimantan Timur sendiri pesta demokrasi menjadi sesuatu yang tidak hanya bersifat euforia, perayaan atau sebagainya. Namun para calon yang “bertarung” (finalnya ditunjukkan pada hasil quick count Pilgub Kaltim 2018 nanti) dan yang menang nanti diharapkan dapat membangun dan memperbaiki berbagai bidang di Kalimantan timur itu sendiri. Untuk bisa menimbang-nimbang para calon berikut kami jelaskan profil para bakal calon yang akan maju di Pilgub Kalimantan Timur 2018.

Jika Anda saat ini memiliki KTP di daerah provinsi Kalimantan Timur, ada baiknya Anda mengenal beberapa calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Timur berikut ini.

1. Pasangan Rusmadi Wongso dan Irjen Safaruddin



Pasangan ini resmi diusung oleh PDIP dan HANURA. Rusmadi saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Provinsi Kaltim dan Dosen di Universitas Mulawarman. Ia juga pernah menjadi Badan Perencanaan Daerah di Kaltim. Dengan pengalaman politik yang bisa dibilang matang ini menjadi kelebihan sendiri baginya. Sementara itu Irjen Safaruddin merupakan seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kapolda Kaltim terhitung mulai 3 September 2015 lalu. Sebelumnya ia juga merupakan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Kemanan Polri.

2. Pasangan Andi Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail

Pasangan selanjutnya yang mengikuti Pilgub Kalimantan Timur 2018 adalah pasangan Sofyan dan Nusyirwan yang diusung oleh koalisi partai Golkar dan Nasdem. Andi Sofyan sendiri adalah Walikota Bontang, Kalimantan Timur, dan ia juga menjadi dokter spesialis saraf. Kemudian pasangan duetnya yakni Nusyirwan sendiri adalah Wakil Walikota Samarinda yang masih aktif terdaftar sebagai kader Nasdem. Pengalaman menjadi Walikota mungkin bisa menjadi nilai tambah jika terrpilih untuk memimpin dan membangun Kaltim menjadi lebih baik.



Penerima berkas dari pasangan calon gubernur dan calon gubernur Kalimantan Timur selanjutnya adalah pasangan Andi Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum pada tanggal 10 Januari 2018. Pasangan ini merupakan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Timur dari Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Sebelum mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam merupakan Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Timur yang sebelumnya dijabat oleh Rita Widyasari selian itu ternyata Andi Sofyan Hasdam ini juga merupakan dokter spesialis saraf, sedangkan Nusyirwan Ismail yang akan menjadi calon wakil gubernur Kalimantan Timur dulunya sempat menjabat sebagai wakil walikota Samarinda untuk masa jabatan 2010-2015.

Berikut beberapa ulasan mengenai riwayat hidup pasangan calon gubernur dan calin wakil gubernur Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail.
·         Andi Sofyan Hasdam
Nama             : dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S
Tanggal lahir  : Ujung Pandang, 4 Februari 1956
Agama           : Islam
Istri                : dr. Hj. Neni Moerniaeni, SpOG
Anak             : memiliki tiga orang anak
Karir              :
·         1982 sampai dengan 1983 bekerja sebagai dokterdi Puskesmas Lospalos Timor Timur
·         1983 sampai dengan 1984 menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Kesehatan Kabupaten Lautem Timor Timur
·         1988 sampai dengan 1997 menjabat sebagai staff di bagian penyakit syaraf di RSUD A Wahab Sjahranie Samarinda Kalimantan Timur
·         1990 sampai dengan 1998 menjabat sebagai tenaga pengajar luas biasa untuk SPK Departemen Kesehatan dan SPK Dirgahayu Samarinda Kalimantan Timur
·         1990 sampai dengan 1995 menjadi Dosen Luar Biasa untuk AKPER Pemerintah Daerah Kalimantan Timur
·         1991 sampai dengan 1994 menjabat sebagai Kepala Bidang Perencanaan dan Diklat RSU A. Wahab Sjahranie Samarinda Kalimantan Timur
·         1998 sampai dengan 1998 menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi E
·         1998 sampai dengan 1999 menjadi Ketua Fraksi Karya Pembangunan
·         1999 menjadi Ketua SMF Penyakit Syaraf RSU A. Wahab Sjahranie Samarinda Kalimantan Timur
·         1993 menjadi dokter spesialis purna waktu untuk RS. PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang
·         1994 menjabat sebagai dokter penasehat Departemen Ketenagaan Kerja Kalimantan Timur
·         2001 sampai dengan 2005 menjadi Walikota Bontang untuk periode ke-I
·         2006 sampai dengan 2011 menjadi WalikotaBontang untuk Periode ke-II
·         Nusyirwan Ismail
Nama             : Ir. H. Nursyirman Ismail, M.Si
Tanggal lahir  : Samarinda, 24 Oktober 1959
Alamat           : Jalan Basuki Rahmat No 68, Kelurahan Pasar Pagi, Kecamatan Samarinda Ilir, Samarinda, Kalimantan Timur
Agama           : Islam
Istri                : Ir. Hj. Sri Lestari
Anak             : Muhammad Dedy Pratama dan Ayu Milasari
Pendidikan
·         SD Negeri 35 Samarinda yang lulus pada tahun 1971
·         SMP Negeri 1 Samarinda yang lulus pada tahun 1974
·         SMA Negeri 1 Samarinda yang lulus pada tahun 1977
·         S1 di jurusan Teknik Sistem Tenaga, ITS Surabaya yang lulus pada tahun 1983
·         S2 di jurusan Ekonomi Perencanaan Pembangunan di Universitas Hasanuddin yang lulus pada tahun 2004
Karir              :
·         1984 sampai dengan 1985 sebagai staff Engginer di proyek UNDP/UNIDO di Departemen Perindustrian
·         1986 sampai dengan 1989 menjabat sebagai Kasi Bimbingan Produksi Bidang Produksi Dasar
·         1994 sampai dengan 1996 sebagai Dosen FakultasTeknik Untag 1945 Samarinda
·         1987 sampai dengan 1996 menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Untag 1945 Samarinda
·         1998 sampai dengan 2000 menjabat sebagai Kepala Bidang Perencanaan
·         2009 sampai dengan 2010 sebagai Kepala BadanPerinjinan dan Penanaman Modal daerah Kalimantan Timur

·         2009 sampai dengan sekarangmenjabat sebagai Pembina Pondok Pesantren Tunas Bangsa

3. Pasangan Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat

Pasangan ini diusung oleh partai Demokrat, PPP dan PKB. Syaharie merupakan wali kota Samarinda periode 2010-2015. Sebelumnya, ia juga pernah  menjabat sebagai wakil wali kota Samarinda selama dua periode. pengalamannya memimpin Samarinda menjadi modal kuat untuk bisa maju ke bursa pencalonan dan Pilgub Kaltim 2018. Kemudian pasangannya Awang Ferdian adalah anggota DPR RI 2014-2019. Ia juga aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kaltim dan Himpunan Rukun Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Timur.



Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur ini mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada menit-menit terakhir penutupan pendaftaran. Pasangan ini diusung oleh beberapa partai politik diantaranya yaitu Partai Demokrat, PPP, dan PKB.

Sebelum mencalon kan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur, Syaharie menjabat sebagai Walikota Samarinda sedangkan Awang Ferdian Hidayat yang akan menjadi calon wakil gubernur Kalimantan Selatan sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi PDIP dan juga merupakan anak dari Gubernur Kalimantan Timur yaitu Awang Faroek Ishak. Berikut beberapa detail dari riwayat hidup Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat.
·         Syaharie Jaang
Nama             : H. Syaharie Jaang, S.H., M.Si
Tanggal lahir  : Long Pahangai, 10 September 1964
Agama           : Islam
Istri                : Hj. Puji Setyowati, S.H., M.Hum
Anak             : Nur WandaThisya Anugrah dan Muhammad Thezar Firrizqy
Pendidikan    :
·         SD di Long Pahangai
·         SLTP dan SLTA di Merak
·         S1 di Fakultas Hukum, Universitas Widya Gama Samarinda  angkatan 1
·         S2 di Unmul dan Unhas dengan spesifikasi Ekonomi Perencanaan
Karir              :
·         Tahun 1984 sampai dengan 1985 bekerja pada PT. Putra Bengalon dan PT. Pasifik Bontang Raya yang merupakan perusahaan pada bidang kayu
·         Juni – Desember 1985 bekerja untuk CV. Fajar Kencana atau biasa disebut Motor Peugeot
·         Desember 1985 sampai dengan Desember 1988 beliau bekerja untuk PT. Adi Guna Unggul yang merupakan pabrik baja
·         Desember 1988 sampai dengan Desember 1990 berpindah bekerja di PT. Bukit Baiduri dan PT. Nusaminera Utama
·         Agustus 1999 sampai dengan Oktober 2000 beliau menjabat sebagai anggota DPRD Kota Samarinda yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP dan Ketua Komisi D)
·         November 2000 sampai dengan November 2005 beliau menjabat sebagai Wakil Walikota Samarinda
Organisasi Sosial Politik:
·         1998 sampai dengan 2002 menjabat sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang PDI Perjuangan
·         1998 sampai dengan 2002 beliau juga menjabat sebagai Ketua Penanganan Pemilu PDI Perjuangan Kota Samarinda
·         2002 sampai saat ini beliau menjabat sebagai Ketua DPD Partai Pelopor provinsi Kalimantan Timur
·         Di ormas atau organisasi masyarakat Syaharie Jaang ini juga memiliki jabatan sebagai pengurus wilayah Nahdiatul Ulama Kalimantan Timur
·         Sampai tahun 2002 beliau menjabat sebagai Ketua Banteng Muda
·         Tahun 2004 sampai dengan 2007 menjadi Ketua Umum Persekutuan Dayak Kalimantan Timur cabang Kota Samarinda
·         Awang Ferdian Hidayat
Nama             : Awang Ferdian Hidayat
Tanggal lahir  : Samarinda, 3 April 1975
Agama           : Islam
Partai             : PDI Perjuangan
Alamat           : jalan Basuki Rahmat No 23 Kelurahan Bugis, Samarinda, Kota Samarinda, Kalimantan TImur
Pendidikan    :
·         SLTA atau SMA di SMA Negeri 8 Malang
·         S1 di Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda pada tahun 2003
·         S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi atau STIE Artha Bodhi Iswara, Surabaya pada tahun 2012
Karir              :
·         Menjabat sebagai Wakil Ketua DewanPimpinanDaerah atau PDP Himpunan Rukun Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Timur
·         Menjabat sebagai Majelis Pemuda Indonesia, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di provinsi Kalimantan Timur

·         Menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan juga KONI untuk Kalimantan Timur

4. Pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi 

Pasangan ini diusung oleh partai Gerindra, PAN dan PKS. Isran Noor sendiri pernah menjadi Kutai Timur dari 2009-2015. Setelah berhenti menjadi Bupati ia menjadi Plt Ketua Umum PKPI sejak 20015. Sedangkan pasangannya Hadi Mulyadi telah aktif mnjadi aktivis saat menjadi mahasiswa. Ia juga pernah menjadi Waki Ketua DPRD Kalimantan Timur, dan dikenal sebagai ustadz. Dengan pengalaman sebagai organisatoris dan politikus semoga bisa mengayomi dan membangun masyarakat jika terpilih nanti.



Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Isran Noordan Hadi Mulyadi merupakan pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur tepatnya pada tanggal 8 Januari2018. Pasangan ini merupakan calon yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai Kesejahteraan Nasional (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebelum mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Selatan, Isran Noor merupakan mantan Bupati Kutai Timur sedangkan untuk calon wakil gubernur yaitu Hadi Mulyadi merupakan anggota DPR RI fari fraksi PKS, dulunya beliau juga sempat menjabat sebagai Ketua DPW PKS Kalimantan Timur. Berikut beberapa bahasan mengenai riwayat hidup dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur ini.
·         Isran Noor
Nama             : Ir. H. Isnan Noor, M.Si
Tanggal lahir  : Bukit Pelangi, 20 September 1957
Agama           : Islam
Alamat           : Bukit Pelangi, Perumahan Pemerintah, Kalimantan Timur
Istri                : Nor Baiti
Partai             : PKPI
Anak             : M. Rahman Isran, S. Rahmawati Isnan, dan S. Annisa Isran
Pendidikan
·         SDN 1 Sangkuriang pada tahun 1970
·         SMP JPS Sangkuriang pada tahun 1972
·         SMA 1 Samarinda pada tahun 1976
·         S1 jurusan Sosial Ekonomi Pertanian di Universitas Mulawarman, Samarinda
·         S2 di jurusan Komunikasi Pembangunan di Universitas Dr. Seotomo, Surabaya
Karir             :
·         1996 sampai dengan 100 menjabat sebagai Kepala Bidang Usaha Pertanian
·         2001 sampai dengan Juli 2004 menjadi Asisten Ekbang Kutai Timur
·         Northen Territory untuk Promosi Dagang atau Expo Darwin sebagai sponsor Pemerintah Daerah Kalimantan Timur
·         Hadi Mulyadi
Nama             : H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si
Tanggal lahir  : Samarinda, 9 Mei 1968
Agama           : Islam
Alamat           : jalan Juanda 7No 47, Kelurahan Air Hitam, Samarinda Hulu, Kota Samarinda, Kalimanttan Timur
Partai             : PKS
Pendidikan    :
·         S1 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin, Makassar pada tahun 1995
·         S2 di Universitas Hasnuddin, Makassar padatahun 2004

Beliau aktif dalam banyak organisasi selama menjadi mahasiswa. Sejak tahun 19 Oktober 2016 beliau meninggalkan kursi sebagai anggota DPR RI dan berpindah menjadi wakil pimpinan di Komisi VII DPR-RI dalam bidang Enerfi Sumber Daya Mineral, Riset, dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup  

Pesta Demokrasi yang menjadi penentu pembangunan sebuah daerah bahkan negara semestinya tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk mengumbar janji. Pilgub Kalimantan Timur 2018 menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk senantiasa terus berikhtiar menjadi warga negara yang baik dengan memilih sesuai kredibiltas dan nurani masing-masing. Semoga sukses.

Itulah beberapa bahasan menarik mengenai calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilgub Kalimantan Tmur 2018. Semoga Anda para masyarakat Kalimantan Timur tidak salah dalam menentukan pilihan Anda untuk waktu lima tahun kedepan. Semoga artikel ini bermanfaat.



Proses menunggu data perhitungan suara yang masuk, silahkan kembali sesaat lagi.


 Hasil Quick Count Nomor 1 : 21.5%
 Hasil Quick Count Nomor 2 : 23.3%
Hasil Quick Count Nomor 3 : 31.8%
Hasil Quick Count Nomor 4 : 23.5%
Description
: Hasil Quick Count Pilgub Kaltim 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Hasil Quick Count Pilgub Kaltim 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar